Sabtu, 18 Juni 2011

Open SSuite Office – Accel 8.0:Versi Gratis dari Ms. Excel

       Ketika kita berbicara soal spreadsheet, banyak orang langsung berpikir ke Microsoft Excel. Padahal, masih banyak aplikasi spreadsheet lainnya yang dapat Anda gunakan tanpa harus membeli dan tidak terbatas dengan limitasi yang diberikan sang developer. Salah satunya adalah SSuite Office – Accel 8. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas yang dapat menggantikan Ms. Excel di desktop Anda.


SSuite Office – Accel 8 dikembangkan oleh Henk van Loo melalui perusahaannya yang bernama Van Loo Software.  Henk van Loo sendiri saat ini sudah banyak meluncurkan berbagai software lainnya, seperti WordGraph, CleverNote PIM, My Money, dan masih banyak lagi. Biasanya, software yang diluncurkan memiliki tema mengenai office produktivitas.

Instalasi

Anda tidak akan kesulitan untuk menginstal SSuite Office – Accel 8. Proses instalasinya pun akan selesai dalam waktu 00.55.49 detik. Dengan ukuran setup file sebesar 14 MB, aplikasi ini memakan ruang hard disk sebesar 15.4 MB. Sementara itu, pihak developer mempercayakan distribusi aplikasi ini kepada beberapa penyedia freeware, seperti Download.cnet.com, Freewarefiles.com, dan Majorgeeks.com.

Desain

Layaknya produk spreadsheet lainnya, aplikasi ini memiliki desain yang simple dan sangat user friendly. Bagi siapa saja yang biasa mempergunakan aplikasi Ms. Excel dengan versi 2003 kebawah atau OpenOffice Spreadsheet maka Anda tidak akan kesulitan mempergunakan aplikasi ini. Kesederhanaan desain yang dibuat oleh  Henk van Loo dimaksudkan agar para pengguna tidak kesulitan saat beralih mempergunakan software ini.

4

Feature

No need Java or .Net! itulah janji yang diungkapkan Henk van Loo di setiap produk yang diluncurkannya. Begitu pula dengan aplikasi ini yang dibuat menggunakan kode native windows sehingga Anda tidak perlu meng-update Java atau .Net. Selain itu, yang membuat aplikasi ini menjadi menarik adalah feature yang disertakannya tidak kalah dengan software profesional berbayar.

Accel 8 memiliki semua tools yang dibutuhkan untuk mengalkulasi, menganalisa, meringkas, dan mempersembahkan data laporan dengan grafik yang berwarna-warni. Dengan konektivitas ODBC, Anda dapat membuat query database di PC melalui SQL. Apa pun tujuan Anda dalam membuat laporan finansial atau manajemen keuangan, aplikasi ini memberikan fleksibelitas dan efisiensi.

Dengan wizard grafik yang tersedia, Anda dapat memilih delapan kategori atau lebih dari 2-D/3-D grafik termasuk garis, area, kolom, pie, X-Y, stok, dengan puluhan variasi. Aplikasi ini dapat membuat spreadsheet data menjadi grafik yang dinamis sehingga saat data diu-pdate secara otomatis, grafik pun akan ikut berubah.


Perbaikan demi perbaikan dilakukan di tiap versi yang diluncurkannya. Di versi Accel 8.0 ini, Anda akan menemukan beberapa feature baru, seperti format painter baru, penambahan kustom auto fill, penambahan feature split windows dan freeze panel, penambahan kustom teks dan frase, tinggi row dan lebar kolom secara otomatis dengan fungsi, serta membuat kustom template dan memasukannya ke dalam template library.

Pengujian

Seperti yang dijanjikan oleh  Henk van Loo, aplikasi ini memang memiliki banyak feature dan tool yang dapat membantu Anda membuat berbagai laporan keuangan atau manajemen finansial. Di aplikasi ini Anda akan menemukan berbagai hal menarik yang tidak dimiliki software sejenis lainnya. Dapat dikatakan bahwa aplikas ini dapat menggantikan Ms. Excel.

Dari berbagai pengujian yang kami lakukan terhadap software ini, kami tidak menemukan masalah yang dapat menghambat penggunaannya. Hasil yang diperoleh pun cukup memuaskan. Untuk membuka aplikasi ini, dibutuhkan waktu selama 00.02.39 detik. Tool-tool seperti format cell, format data, format teks, paste, cut, merge, pallet, insert picture, semuanya dapat berjalan dengan baik. Sementara itu, redo dan undo memiliki kapasitas yang tidak terbatas.

Kompatibilitas software ini terhadap aplikasi lainnya yang terdapat di platform desktop Anda dapat dikatakan cukup baik. Anda juga dapat membuka berbagai file dari Ms Excel, Open office, dan Star Office (vts, txt, xls, csv) menggunakan software ini.  Begitu pula dengan file yang dihasilkan dengan Accel 8, Anda dapat menggunakan aplikasi spreadsheet lain untuk membukanya.

Kami menemukan bahwa aplikasi ini dapat berjalan di hampir setiap Windows OS. Selain itu, untuk menjalankan Accel 8, Anda tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. Cukup dengan 32 MB memory, 15 free space hard disk, dan resolusi display minimum 1024 x 600, Anda sudah dapat meng-install aplikasi ini di PC Anda.

Support

Di sini, kami menemukan link panduan offline di menu help. Panduan tersedia dalam dua bahasa yaitu Inggris dan Afrika. Sayangnya, saat diklik, kedua link tersebut tidak memberikan informasi yang kami harapkan. Panduan baru kami temukan di readme.txt yang juga ikut disertakan di proses instalasi Beberapa panduan lainnya dapat diperoleh dengan mengunjungi situs resminya.


Kapasitas file sebesar 15.4 MB yang telah diunduh ternyata tidak hanya berisi SSuite Office – Accel 8 saja. Henk van Loo menyertakan berbagai aplikasi lainnya, seperti desktop search and find, EZDraw Photo Editor, LAN I.P Scanner, System Monitor, dan System Overview sebagai utilities pendukung yang dapat digunakan secara gratis.

Personal

Bagian terbaik dari SSuite Office – Accel 8 ini adalah disediakan secara gratis. Benar-benar gratis, tanpa adware, spyware, webpop up. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun karena aplikasi tidak meminta donasi sama sekali. Secara personal, aplikasi ini kami katakan sebagai pengganti Ms Excel yang memang pantas untuk dilirik.

Kesimpulan

Anda masih menggunakan Spreadsheet bajakan? Tunggu apalagi? Segeralah beralih ke SSuite Office – Accel 8. Aplikasi ini memiliki semua feature yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan yang bersangkutan dengan data. Selain itu, tidak ada aplikasi gratisan sebaik Accel 8 yang menawarkan limpahan feature berkualitas.

Keterangan

Kategori
Freeware, Produktifitas, Office
Platform OS
Semua Windows Aplikasi
Situs Resmi
http://www.ssuitesoft.com/

Unduh File
http://www.ssuitesoft.com/accelspreadsheet.htm

Sumber : http://www.jagatreview.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar