Selasa, 14 Juni 2011

Laser Bertenaga Ubur-ubur


      INILAH.COM, Jakarta - Ahli fisika Harvard menciptakan laser berteknologi baru. Sinar terangnya dihasilkan dari ubur-ubur.
Seok-Hyun Yun bersama rekannya, Malte Gather, ahli fisika optik dari Harvard Medical School dan Massachusetts General Hospital di Boston menciptakan laser yang sinarnya berasal dari makhluk hidup.

   "Teknologi laser berawal dari ilmu fisika dan kemudian digunakan untuk menciptakan perangkat rekayasa. Ini adalah pertama kalinya kita menggunakan materi hidup untuk menciptakan laser," ujar Seok-Hyun Yun.
 
       Untuk membuat laser dibutuhkan dua perangkat yakni material penguat yang memadat dengan bantuan sinar, dan sarana optik untuk mengoptimalkan sinarnya. Sarana optik laser konvensional biasanya terbuat dari kristal, semikonduktor, atau gas. Tapi laser buatan Yun ini dibuat dari sel manusia dan protein ubur-ubur.
Cahaya yang diciptakan memang lebih sempit dan lebih lemah daripada laser konvensional. "Tapi magnitudnya lebih terang. Ini berasal dari fluoresens ubur-ubur. Cahayanya berwarna hijau," ungkap Yun.

    Dalam bidang kedokteran, sinar laser bermanfaat mendiagnosis dan mengobati penyakit, serta untuk membedah. Laser juga bermanfaat untuk mengelas, mengebor, atau menyimpan memori optik dalam industri komputer. [mor]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar