Kamis, 23 Juni 2011

Nvidia Kal-El Ungguli Tegra 2 Dalam Hal Ketahanan Baterei


       Keberadaan SoC (system-on-a-chip) Nvidia quad-core Kal-El yang didasarkan pada arsitektur ARM kabarnya mampu menawawarkan ketahanan baterai yang sama atau bahkan lebih baik daripada chip Tegra 2. Kabar ini terungkap dari publikasi yang dilansir oleh Fudzilla yang selama ini dikenal banyak membahas berbagai sumber industri anonim dengan pengembangan SoC Nvidia.

Menurut sumber yang sama, tablet Motorola Xoom generasi mendatang yang dikonfigurasi dengan chip Kal-El ini, kabarnya mampu memberi ketahanan baterei selama 10 jam di bawah kondisi tertentu yang dirahasiakan.

Untuk pencapaian ini, pihak Nvidia kabarnya telah menerapkan serangkaian fitur manajemen daya tingkat lanjut di dalam core, yang pada akhirnya mampu menghemat penggunaan daya yang berasal dari baterai dalam pengujian skenario penggunaan yang telah dilakukan selama berhari-hari.

Kel-El adalah codename yang diberikan oleh Nvidia bagi penerus Tegra 2 dan Kel-El ini memiliki pemrosesan empat core ARM dengan clock sebesar 1.5GHz serta 12 core grafis dengan dukungan untuk video 3D. Ditambah, GPU yang terintegrasi mampu mendorong output video dengan resolusi sebesar 2560×1600 pixel.

Semua perubahan ini dapat memberikan hingga lima kali kecepatan dari SoC Tegra 2 dual-core. Dengan begitu chip Kal-El ini merupakan salah satu chip berbasis ARM tercepat saat ini.

Menurut informasi yang diungkapkan oleh Nvidia dalam ajang  Mobile World Congress tahun ini, SoC Nvidia Kal-El sudah diuji coba dan akan melakukan debutnya dalam jajaran produk tablet pada bulan Agustus 2011 serta diikuti oleh jajaran produk smartphone pada musim liburan tahun ini.

Selain itu, Nvidia juga memperlihatkan roadmap mobile masa depannya, termasuk SoC Wayne yang diperkirakan bakal hadir pada tahun 2012, SoC Logan pada tahun 2013, dan SoC Stark pada tahun 2014 yang akan datang. Untuk SoC Wayne sendiri kabarnya kemampuannya 10 kali lebih cepat dari chip Tegra 2 saat ini sedangkan SoC Stark mengusung 100 kali kecepatan Tegra 2.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar