Rabu, 15 Juni 2011

Motherboard AMD 900-Series Terbaru mendukung SLI


       Pada awal bulan ini, AMD baru saja telah merilis chipset 900-series terbarunya yang diperuntukkan bagi keberadaan processor berbasis AM3/AM3+. Dan salah satu fitur yang paling penting yang diusung oleh rancangan terbaru ini adalah dukungan untuk teknologi SLI Nvidia.

Kini lebih dari seminggu setelah chipset tersebut dirilis, SLI tampaknya masih belum bisa diaktifkan seperti saat Nvidia masih belum merilis driver yang mendukung setup dual-GPU. Permasalahan ini terungkap oleh publikasi Expreview yang mencoba untuk meninjau setup SLI Nvidia pada keberadaan motherboard 990FX terbaru yang didukung oleh chipset AMD terbarunya.

Dengan menggunakan driver versi beta (275.33) terbaru yang tersedia di website Nvidia pada kedua kartu grafis GeForce GTX 570 yang telah dikenal oleh sistem, tapi ternyata SLI tidak dapat diaktifkan karena driver tidak mendukung hal tersebut.

Driver stabil terbaru juga tidak mendukung fungsi ini, sehingga pengguna yang berharap bakal mampu membangun setup SLI menggunakan sistem AMD tersebut tampaknya masih harus menunggu lagi sampai driver yang baru dirilis.
Saat chipset 900-series diperkenalkan, banyak situs yang telah menerbitkan berbagai tinjauan motherboard 990FX yang menjalankan setup SLI tersebut. Akan tetapi review ini sendiri ternyata malah menggunakan driver kustom (270.77) yang memang telah disediakan oleh Nvidia sebagai driver pengujian saja.

Pilihan lain untuk menjalankan SLI pada motherboard 990FX saat ini adalah melakukan hack driver Quadro (275.36) dengan cara mengikuti petunjuk yang diposting oleh pengguna di forum Overclock.net.

Berdasarkan pemberitahuan Nvidia pada akhir bulan April yang lalu, chipset AMD 900-series pilihan kabarnya bakal menghadirkan dukungan untuk setup SLI selama pihak-pihak yang  membangun solusi tersebut telah memiliki sebuah lisensi SLI.

Motherboard-motherboard yang dibangun menggunakan chipset 990FX ini kabarnya akan mampu mendukung 3-way SLI setup, sedangkan para pengguna motherboard 990X dapat mengaktifkan 2-way SLI.

Chipset North Bridge 900-series bisa dipasangkan bersama dengan AMD SB950 South Bridge controller untuk menambahkan dukungan pada keenam port SATA 6Gbps yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar