Kamis, 16 Juni 2011

Portabble Apps: Pisau Lipat Digital untuk Pemilik Warung Internet

       Aplikasi pisau lipat digital yang saya maksudkan di sini adalah Portable Apps (PA). Kalau Nirlauncher bisa disebut sebagai pisau lipat digital yang mungil, maka boleh jadi Portable Apps adalah versi jumbonya. PA versi Standard membutuhkan kapasitas hardisk di atas 400 MB setelah diinstal atau 40 kali lebih besar ketimbang Nirlauncher. Besarnya ukuran Portable Apps juga bukanlah tanpa alasan. Pengembang PA tampaknya tidak sembarangan dalam memilih aplikasi bawaan (default application) yang dijejalkan dalam paketnya. Umumnya aplikasi bawaan yang ada di dalam PA adalah aplikasi-aplikasi open source yang sudah punya nama di belantara dunia teknologi informasi. Sebut saja diantaranya Mozilla Firefox, Clam AV, OpenOffice.Org, Pidgin, Thunderbird, Notepad++, dsb.

Berikut beberapa aplikasi keren yang mungkin akan membuat Anda tertarik untuk bermain-main dengan PA:

1. Mozilla Firefox

Bila Anda punya warnet, menginstal Firefox tampaknya merupakan sebuah keharusan. Betapa tidak, selain terbilang cepat, Firefox juga diklaim oleh banyak kalangan sebagai browser dengan jumlah add-on (aplikasi tambahan) terbanyak di jagat raya. Jauh melampaui add-on yang tersedia untuk browser-browser lainnya. Dengan demikian, pelanggan warung internet Anda memiliki peluang untuk meningkatkan kinerja sekaligus memperbanyak fitur-fitur browser dengan lambang rubah api ini selama dalam masa pemakaian.

2. OpenOffice.Org

Word, Excel, PowerPoint, dan Access dengan banderol Rp 0,00! Itulah definisi singkat paket aplikasi perkantoran yang pengembangannya dulu dimotori oleh developer dari Sun Microsystem ini. Di belantika dunia teknologi informasi, OpenOffice adalah aplikasi office berlisensi GNU GPL terbaik yang pernah dibuat sampai saat ini. Meskipun tidak identik dengan MS Office, OpenOffice mampu memberikan fitur-fitur yang hampir menyamai jumlah fitur yang ada di MS Office. Bahkan lebih! Salah satu kelebihan OpenOffice dibanding MS Office adalah ketersediaan tombo untuk mengkonversi suatu dokumen ke dalam format pdf. Kalau pelanggan warnet Anda membutuhkan aplikasi yang bisa membantunya untuk membuat CV atau surat lamaran kerja dalam dua format sekaligus; .doc dan .pdf, maka OpenOffice bisa jadi adalah senjata rahasia Anda.

3. Pidgin

Selain email dan browsing, terkadang pelanggan warnet anda juga ingin ngobrol (chat) dengan teman-temannya yang online dengan layanan yang berbeda-beda. Ada yang pakai Yahoo, Google, AIM, atau Live Messenger. Nah lho, sebagai pemilik warnet, Anda bisa saja menjadikan Pidgin sebagai jawaban atas permasalahan di atas. Dengan Pidgin, pelanggan Anda dimungkinkan untuk chat secara langsung dengan beberapa temannya sekaligus. Meskipun temena-teman tersebut menggunakan layanan yang berbeda-beda. Praktis bukan? Cukup instal satu untuk bisa ngomong ke semua. Siapa yang bisa nolak kalau begini?

4. Notepad++

Aha, inilah aplikasi andalan saya selama menjadi penulis lepas di pengusahamuslim.com. Sebagai penulis lepas, saya membutuhkan sebuah aplikasi yang kecil, ringan (baca: tidak membutuhkan banyak RAM), mudah diinstal, dan handal. MS Word atau OpenOffice memang bagus, tapi fiturnya terlalu banyak. Maksud saya terlalu banyak yang tidak akan saya gunakan. Hehehe .... apalagi kalau hanya untuk menulis artikel bisnis yang memang harus ringan dan tidak terlalu serius. So, kalau Anda adalah pemilik warnet yang kebetulan punya pelanggan yang menjadi penulis lepas di pengusahamuslim.com, saya rasa Anda sudah tahu aplikasi apa di dalam paket PA yang akan Anda sarankan kepadanya. Ehemmm ...

Keempat aplikasi di atas adalah contoh dari ratusan aplikasi yang bisa Anda temui dalam PA. Saya berharap semoga Anda menjadi penasaran untuk mencoba aplikasi-aplikasi keren lainnya.

Berikut cara menggunakan PA sebagai pisau lipat digital Anda:

1. Unduh PA di situs resminya.

2. Letakkan master aplikasi PA di flashdrive.

3. Instal PA di salah satu folder dalam flashdrive.

4. Selesai.

5. Untuk mengakses aplikasi, silahkan cek logo PA yang biasanya muncul di bagian system tray di OS berbasis Windows.

Tips membuat pelanggan Anda terkesan dengan PA:

Caranya sederhana sekali. Ketika ada pelanggan newbie (non techie) yang butuh pertolongan Anda terkait software, jangan lupa untuk menawarkan instalasi gratis PA di flashdrive miliknya. Setelah PA terinstal, tunjukkan kepadanya cara untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di dalam bundel PA tepat di depan matanya. Sebelum berpisah dengan pelanggan Anda tadi, katakan kepadanya bahwa mulai sekarang Ia sudah bisa menggunakan aplikasi-aplikasi keren PA yang ada di dalam flashdrive-nya di manapun dia suka. Entah itu di PC, server atau laptop. Selama masih berjalan menggunakan platform Windows tentunya.  

sumber : http://pengusahamuslim.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar