Rabu, 15 Juni 2011

AMD Akan Pensiunkan Semua CPU Phenom 6-Core Akhir Tahun Ini


       Setelah penghentian beberapa model processor yang dilakukan Intel, kabarnya pihak AMD pun tampak melakukan hal yang sama. Pasalnya berhembus kabar yang menyatakan AMD bakal mempensiunkan semua prosesor Phenom II six core-nya untuk memberi kesempatan bagi chip-FX Series mendatang yang didasarkan pada arsitektur Bulldozer performa tinggi dan terbaru.

Prosesor pertama yang akan pensiun yaitu Phenom II X6 1045T, 1055T dan 1065T. Dan ketersediaan model-model yang dimaksud tersebut telah ditetapkan hanya sampai kuartal ketiga tahun ini saja. Hal ini kabarnya juga bakal diikuti oleh seluruh jajaran processor Phenom II X6, yang mencakup tidak kurang dari lima chip, yang ketersediaanyapun juga hanya sampai akhir tahun ini.

Pesanan untuk semua processor akan dikirim sampai kuartal pertama 2012 berakhir. Semua CPU ini didasarkan pada arsitektur thuban AMD yang diluncurkan pada bulan April tahun 2010 yang silam, dan termasuk six K10 processing cores. Processor tersebut dipasangkan bersama-sama dengan 512KB Level 2 memori cache per core, cache 6MB shared L3, kontroler memori terintegrasi yang mendukung DDR3-1333 DIMM dan frekuensi operasi mereka berkisar antara 2,6 dan 3,3 GHz.


Thuban merupakan arsitektur pertama AMD yang mendukung teknologi Turbo Core, yang secara otomatis menyesuaikan kecepatan core tergantung pada beban yang ditempatkannya, dan mampu mencapai kecepatan clock hingga 3.6GHz dalam modus ini.

Chip Phenom II X6 bakal diganti dengan processor FX-Series terbaru berdasarkan pada arsitektur Bulldozer yang akan diluncurkan pada bulan Agustus atau September tahun 2011 ini juga.

Berbeda dengan model rancangan AMD sebelumnya, arsitektur Bulldozer akan menggunakan pendekatan baru yang bergantung pada arsitektur modular.
Dan menurut publikasi dari Haber Donanim, Setiap modul beserta komponen lainnya mencakup dua core processing, dan ini dapat dipasangkan bersama-sama untuk membentuk CPU dengan hingga eight core komputasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar