Rabu, 15 Juni 2011

AMD Bulldozer FX-Series Akan Dirilis Tanggal 7 Juni 2011 ?

     
       Tanggal rilis prosesor AMD Zambezi berbasis arsitektur Bulldozer kabarnya telah menjadi target perbincangan dan perdebatan dalam beberapa bulan terakhir ini. Dan menyusul hal itu, baru-baru ini telah muncul tampilan slide presentasi yang telah menunjukkan kalau CPU FX-series pertama besutan AMD tersebut akan diluncurkan pada 7 Juni 2011 mendatang.

Slide ini sendiri kabarnya diperoleh dari sebuah presentasi yang dilakukan pihak Gigabyte beberapa waktu lalu yang mengungkapkan rincian motherboard AM3+ besutannya dan telah diposting secara online oleh situs resmi ATI-Forum.

Pada bagian bawah gambar, terdapat catatan yang menyatakan processor AMD FX-Series tersebut akan diluncurkan pada 7 Juni 2011 mendatang selama berlangsungnya pameran Computex. Dan ini tentunya lebih cepat dibanding informasi melalui HardwareLuxx sebelumnya yang menyebutkan kalau processor tersebut akan diluncurkan pada tanggal 11 Juni 2011.


Meskipun hal ini mungkin hanya tampak sebagai konfirmasi biasa tentang tanggal rilis Zambezi, ternyata ada beberapa hal yang dianggap keliru dengan informasi slide tersebut, yaitu penyelenggaraan pameran Computex akan berakhir pada tanggal 4 Juni 2011, dan tanggal ini berarti tiga hari sebelum tanggal rilis yang disebutkan dalam dokumen. Selain itu, seluruh dokumen tampak terkesan dibuat dengan terburu-buru. Terdapat kumpulan potongan gambar yang berbeda dan juga ada gambar logo Gigabyte dengan resolusi rendah untuk membuat semuanya terlihat sedikit lebih resmi.

Sebutan Zambezi ini sebenarnya merupakan sebuah nama kode yang digunakan oleh AMD untuk model processor desktop berkinerja tinggi berdasarkan pada arsitektur Bulldozer yang akan datang. Processor ini kabarnya akan mengusung antara empat hingga delapan core processing serta dukungan memori cache Level 3 hingga 8MB.

Awalnya, AMD berencana untuk merilis hanya empat SKU dan akan menampilkan versi kedua dari teknologi Turbo Core, dual-channel memory controller 1866MHz yang terintegrasi, dan multiplier yang terbuka, sejak kehadirannya sebagai bagian dari Black Edition. Prosesor ini dibangun menggunakan proses manufaktur 32nm dan kompatibel dengan semua motherboard AM3+ maupun AM3.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar