Senin, 07 Februari 2011

Cara Menjaga Battery Laptop Supaya Tahan Lama

           semua Orang pasti ingin jika barang yang di belinya akan tahan lama alias awet. Begitu pula dengan barang yang satu ini yaitu baterai Laptop. Sudah tentu tahu bahwa harga baterai laptop sungguh mahal. Dan bagaimanapun jika baterai laptop itu rusak, down, soak dan lain-lain pasti merugikan kita. Kemungkinan hal tersebut di sebabkan ketidak tahuan kita dalam memakai dan merawat baterai laptop yang baik.

Adapun Cara Merawat Baterai Laptop yang baik adalah sebagai berikut :

  1. Saat Pertama kali membeli Laptop, Charge Baterai Sekitar 8 – 10 jam, karena baterai yang tidak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang), sebaiknya di charge terlebih dahulu.
  2. Setiap menggunakan Laptop lebih baik jika power adaptor tetap terpasang (di Charge terus) Karena baterai tipe-tipe BARU SEKARANG mempunyai CONTROLL BATTERY artinya “Jika Full, baterai akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, dan Juga Tidak Membuat Baterai Soak/Kembung”.
  3. Jangan Melakukan sistem CdC (Charge Discharge) = “Apabila batrei penuh cabut adaptor, dan setelah habis pasang adaptor” .
  4. Baterai jangan di KALIBRASI (pengosong isi batrei sampai habis 0%) karena banyak effeknya ke baterai (Cycle Count)
  5. Jangan pernah LEPAS BATERAI (baterai jangan disimpan, menggunakan power listrik langsung), apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,motherboard,dll) dan mengakibatkan kerusakan laptop. Selain Itu baterai juga mengkontrol arus listrik yang masuk sebelum ke perangkat yg lain.
  6. 5 menit Sebelum memakai laptop pasang adaptor, 5 menit setelah Laptop dimatikan cabut adaptor.
  7. Saat Menggunakan Baterai (portabel/tanpa di charge), hindari (main Game, putar DVD/CD, software2 Grafis Tinggi ). Jika Masih Ada Power Listrik lebih baik di charge saja.

Kesimpulan yang dapat di tarik yaitu :
Gunakan laptop seperti cara kerja PC, jika tidak ada listrik maka matikan saja.
Suatu Saat Kerja Baterai pasti akan menurun, Mending Rusak Baterai daripada rusak Laptop atau hardware lainnya.

sumber : vivanews

6 komentar:

  1. kalau dicharge sambil hidupin komputer gimna tuh??? bukannya malah merusak hardware dan baterai?? karena tegangan harus dibagi 2, laptop n batere.

    BalasHapus
  2. maap baru bles,,..
    sbenarnya begini jika baterai laptop anda di lepas maka akan memperlama ketahanan baterai itu sendiri tapi sebaliknya jika anda charge menggunakan baterai dan melewati batas ketentuan yang sudah ada maka baterai tersebut akan mengalami drop sehingga akan menyebabkan kerusakan,,..
    jadi anda tidak perlu khawatir jika charge sambil mengidupkan komputer saya telah melakukan ini selama 5 taun dan al hasil baterai tahan lama dan laptop masih berfungsi degan sempurna,,...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. mas jadi walaupun baterai laptop penuh tetap di charge ga masalah kan ?

    BalasHapus
  5. aapa benar jika dikalibrasi dapat mengurangi jatah umurnya? kenapa bisa bgitu?

    BalasHapus