Rabu, 15 Juni 2011

Wow, Processor Intel Celeron 356 Di-overclock Hingga 8.2GHz


Record dunia kecepatan processor tampaknya baru saja telah terpecahkan baru-baru ini. Dan record kecepatan processor ini justru pilihannya jatuh pada processor Intel Celeron yang baru saja dioverclock sehingga mampu mencapai kecepatan clock tertinggi sebesar 8,2 GHz (8211MHz).

Kecepatan clock tersebut adalah frekuensi tercepat untuk dicapai dengan model CPU Celeron tertentu. Dan overclocker yang telah membentuk rekor dunia ini tampaknya masih harus menggunakan nitrogen cair untuk menjaga suhu processor sambil dicek terus selama berlangsungnya eksperimen. Sebagai hasilnya, CPU tidak pernah beranjak melampaui 27,0 °C meskipun 2.008V yang harus dipergunakan.

Sistem yang digunakan untuk record overclocking ini adalah terdiri dari sebuah motherboard Asus P5E3 Premium/WiFi-AP yang berjalan pada chipset Intel X48 Express, 1GB setup sistem memori DDR3 dalam konfigurasi single-channel dan kartu grafis EVGA GeForce 8800GT. Sedangkan untuk daya sendiri disediakan oleh PSU 1200W.

Processor Intel Celeron 356 yang digunakan untuk record overclocking tersebut didasarkan pada arsitektur Cedar Mill yang muncul dalam generasi terakhir processor Pentium 4 yang dibangun oleh Intel.


CPU ini sendiri memiliki core pemrosesan tunggal, yang biasanya memiliki clock sebesar 3.33GHz, hanya 512KB Level 2 memori cache dan tidak memiliki cukup banyak semua teknologi lain yang lebih maju yang biasa dijumpai pada CPU modern.

Biarbagaimanapun juga, pipaline instruksi yang mendalam membuatnya cocok untuk mencapai kecepatan clock yang mengesankan dan merupakan favorit di kalangan overclocker yang ingin mendapatkan gelar juara dunia untuk processor tercepat di dunia.

Meskipun ini adalah frekuensi tercepat yang pernah dicapai oleh sebuah CPU Celeron 356, tapi ternyata record ini termasuk peringkat tertinggi kedua dari hasil CPU-Z pada Hwbot.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. WOWW Xtreme banget ,, kerenn, salutt dahh ...
    3 GHz ja da kuenceng pa lagi segituu ...
    mas kalo mau OC pentium 4 di G31 gi mana ?

    BalasHapus