Rabu, 15 Juni 2011

Kogan Chromebook Laptop Mungil Pertama Dari Negeri Kangguru


       Google Chromebook yang dikembangkan oleh Samsung tampaknya bukanlah satu-satunya yang menyambangi konsumen bulan ini. Salah satu produsen elektronik kenamaan Australia yang dikenal dengan Kogan, kabarnya diam-diam juga telah mempersiapkan rilis armada produk Chromebook untuk segera meramaikan pasaran perangkat mobile baru-baru ini.

Keberadaan Chromebook itu sendiri pada dasarnya banyak pihak menyebutnya sebagai netbook yang menggunakan OS berbasis cloud. Dengan demikian, perangkat tersebut hanya membutuhkan media penyimpanan yang minimal dan cukup untuk menampung OS itu sendiri saja.

Samsung merupakan salah satu perusahaan yang berambisi sekali untuk segera menggulirkan perangkat tersebut, yang sedianya akan dirilis secara resmi pada tanggal 15 Juni mendatang. Di lain pihak, Tak mau ketinggalan, Kogan Technologies pun tampaknya turut mengembangkan Chromebook ini. Dan bahkan dari kabar yang beredar, Kogan akan merilis Chromebook ini dalam waktu jauh lebih cepat dari apa yang diperkirakan sebelumnya. Lebih khusus lagi, pemasarannya pun tampaknya akan dimulai pada tanggal 7 Juni 2011, dan bagi yang berminat dapat memesannya di sini, dengan per unitnya dibandrol seharga 349 AUD (sekitar 372 USD atau 3,2 juta rupiah).

Fitur netbook bermerek Agora yang didukung oleh CPU (central processing unit) sekelas Intel Celeron ULV (ultra low-voltage) dengan clock speed sebesar 1,3 GHz. Ditambah lagi, untuk menunjang kinerja perangkat yang optimal, kabarnya Kogan Chromebook ini selain didukung RAM (Random Access Memory) berkapasitas 1GB, juga dibesut dengan kartu grafis GS40 terintegrasiuntuk memberi tampilan yang bagus pada layar backlit HD berukuran 12,1 inci dan beresolusi 1366×768 pixel.

Sementara itu, konektivitas dan I/O juga disediakan oleh webcam 1.3 megapixel, card reader 3-in-1, Bluetooth, WiFi, LAN, tiga port USB 2.0 dan HDMI. Sedangkan untuk memberi akses yang cepat dan lancar tanpa kendala yang berarti, Kegan Chromebook ini juga dilengkapi dengan media penyimpanan SSD berkapasitas 30GB dan dukungan baterai 4-cell yang mampu memberi ketahanan pengoperasian hingga 3,5 jam lamanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar