Selasa, 14 Juni 2011

Studi Ungkap Kendaraan Paling Aman & Berbahaya



      INILAH.COM, Washington – Pengendara mobil sport Nissan 350z, dan Chevrolet Aveo lebih terancam risiko kecelakaan. Sementara itu SUV seperti Audi A6 mewah relatif lebih aman. Mengapa?
Awalnya, Sport Utility Vehicles (SUV) dikenal sebagai perangkap kematian. Namun kini, menurut Insurance Institute for Highway Safety Bigger, SUV memiliki catatan rekor keamanan terbaik dalam industri otomotif.
 
      Hasil temuan ini ditemukan setelah meneliti lebih dari 150 kendaraan. Lembaga ini meneliti model angka kematian 2005-2008 selama 2006-2009. Kemungkinan pengendara sekarat dalam kecelakaan di semua jenis kendaraan telah membaik.
Namun, tak ada yang membaik secara dramatis untuk kendaraan sport yang dianggap sebagai perangkap kematian pada 1980-1990-an karena cenderung berguling setelah belokan tajam. Lembaga ini mengatakan, SUV sangat diuntungkan adopsi kontrol stabilitas elektronik yang membantu mencegah kendaraan terbalik.

      “Dengan kecenderungan berkurangnya berguling, SUV berada pada keseimbangan yang lebih aman dibanding mobil sport karena ukurannya lebih besar dan berat memberinya perlindungan lebih besar dalam kecelakaan,” papar laporan itu.

      Audi A6 mendapat skor tingkat kematian terendah dibanding enam kendaraan lainnya, termasuk Mercedes E-Class, Toyota Sienna, dan empat SUV (Edge Ford, Nissan Armada, dan dua model Land Rover (Range Rover Sport dan LR3).
Kendaraan paling mematikan adalah, Nissan 350Z. Mobil ini memakan korban 143 per juta kendaraan terdaftar dalam satu tahun. Selanjutnya ada Nissan Titan dengan korban 126. Diikuti dua model mobil kecil Chevrolet, Aveo dan Cobalt dengan korban 119 dan 117 orang. [mor]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar