Jumat, 10 Juni 2011

Prosesor AMD Mulai Masuk ke Pasar Tablet

MSI WindPad

Sampai saat ini, AMD belum mengembangkan prosesor dengan SoC (system on chip) seperti yang dibuat Intel, NVidia, dan ARM untuk perangkat mobile computing. Namun, bukan berarti, AMD tak akan diam dalam persaingan smartphone dan tablet yang semakin populer.
Pada ajang Computex 2011 di Taipei, Taiwan, yang berlangsung 31 Mei hingga 4 Juni 2011, produsen chip asal AS itu mengumumkan kehadiran prosesor seri Z. Ini merupakan prosesor pertama yang disiapkan AMD untuk mulai berkompetisi di pasar tablet.
Untuk masuk ke pasar smartphone mungkin masih belum terlalu cocok. Namun, mengisi ceruk di pasar tablet, prosesor tersebut masih bisa diterima. Seridaknya dengan ukuran lebih besar dan baterai lebih besar, perangkat yang dibuat tidak harus membutuhkan integrasi ruang yang terbatas seperti smartphone.
Prosesor seri Z yang diberi nama kode Desna ini sudah dual core dan akan keluar dengan kode Z-01. Pada dasarnya, seri Z merupakan hasil optimasi prosesor seri C-50 APU yang sebelumnya digunakan untuk produk sekelas netbook. GPU (graphical processing unit) yang dipakai adalah Radeon HD 6250.
Produk pertama yang akan menggunakan prosesor seri Z ini adalah tablet Windpad 110W dari MSI yang bekerja dengan sistem operasi Windows 7. MSI WindPad 110W yang berlayar 10 inci akan dirilis seharga 599 dollar AS.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar