Jumat, 10 Juni 2011

"Smartphone" Mengejar Kemampuan PC



"Smartphone" Mengejar Kemampuan PC 

Adanya perkembangan fungsi handphone yang semula hanya untuk menelepon, lalu beralih ke messaging, kemudian masuk ke tren entertainment, dan kini mulai dilengkapi dengan akses data, mengukuhkan smartphone sebagai bentuk ponsel yang diminati.
Smartphone digemari karena fungsinya yang bisa menggantikan fungsi personal computer (PC). Hal ini disampaikan oleh Harry K Nugraha, Senior Director and Country Manager Qualcomm Indonesia.
"Smartphone bisa menggantikan PC karena prosesornya mengejar prosesor PC," ujar Harry dalam "Diskusi Publik tentang Android dan Masa Depan Mobile Gadget" di @america, Pacific Place, Jakarta, Rabu (1/6/2011) lalu.
Selain prosesor, smartphone juga fokus mengembangkan konektivitas internet, mutimedia performance, hingga fitur-fitur seperti GPS dan kamera. Qualcomm sebagai perancang prosesor untuk smartphone juga telah menambahkan aplikasi Augmented Reality yang bisa meningkatkan pengalaman menikmati konten multimedia 3D.
"Kini, virtual konten dari GPS smartphone dari Qualcomm telah dilengkapi live camera view. Perpaduan virtual konten dua dimensi dengan gambar asli tiga dimensi akan menampilkan lokasi yang dicari dengan lebih nyata. Aplikasi ini dinamakan Augmented Reality," ungkap Harry.
Qualcomm dan Big PlayAR juga telah berkolaborasi dengan Dallas Mavericks untuk memperkenalkan aplikasi komersiil pertama yang menggunakan platform Qualcomm. Mavs AR, sebuah game yang dikembangkan oleh Big PlayAR, telah memungkinkan penggemar olahraga basket yang sedang melihat pertunjukan Mavs babak playoff di American Airlines Center untuk mengarahkan smartphone dengan aplikasi Mavs AR mereka ke tiket pertandingan agar dapat memainkan sebuah permainan basket virtual dari smartphone mereka.
Harry menambahkan, data Gartner Inc menyebutkan bahwa pada tahun 2015, penjualan smartphone akan mencapai 39 persen dari total penjualan ponsel. Hal ini membuat Qualcomm sebagai salah satu vendor smartphone terus memberikan mempersiapkan inovasi, termasuk rencana peluncuran prosesor Snapdragon terbaru dengan quad core (4 kali lipat single core). Hal ini berarti smartphone terbaru pada tahun 2011-2013 nanti akan memiliki performance 12 kali lipat dari generasi smartphone sebelumnya dan penghematan baterai sebesar 75 persen.
Ia juga memprediksikan bahwa ke depan, smartphone juga akan mendukung cloud computing selama jaringan di Indonesia stabil. "Ke depan, smartphone akan masuk ke era cloud computing, termasuk Android," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar