Selasa, 12 Juli 2011

Tips Pintar Merawat Barang Elektronik Agar Awet

       Di dalam rumah anda tentu ada berbagai macam alat elektronik misalnya ponsel, dvd player, LCD, iPod dan printer. lalu, bagaimanakah cara merawat barang-barang elektronik tersebut supaya lebih awet?

Tips Pintar Merawat Barang Elektronik Agar Awet :

DVD Player

Rata-rata ketahanan: Empat hingga lima tahun

Cara Perawatan:Usahakan diletakkan dalam temperatur ruangan. Usahakan jangan menumpuk komponen elektronik di atas atau di bawah DVD player, dan usahakan diletakkan di tempat yang tidak berantakan, terutama jika di dalam kabinet yang tertutup. Ketika anda memindahkan DVD player anda, selalu matikan sebelum anda mencabut kabelnya, dan pindahkan secara perlahan lahan. Bagian dalam interior dari DVD player dapat rusak jika terkena sentakan.

Penyakit Umum: DVD yang tidak berfungsi dan tidak mau memutar cakram

Diagnosa dan Pengobatan:Kemungkinan besar lensa DVD terdapat debu. Gunakanlah peralatan pembersih DVD player pada lensa. Peralatan pembersih lainnya dapat menyebabkan goresan pada cakram – ini merupakan penyebab lain. Untuk menjaga agar cakram bebas dari goresan dan debu, simpanlah cakram tersebut pada kotaknya.

Kapan memutuskan untuk mengganti:Ketika anda mencoba membersihkan DVD player tersebut dan masih tetap tidak mau memutar cakram, pertimbangkanlah untuk membeli yang baru. Meskipun toko reparasi masih mampu untuk memperbaiki problem mekanika, pada masa kini, DVD player tidak lagi menjadi barang yang mahal dan mungkin akan lebih bijaksana untuk mengganti DVD player yang telah rusak tersebut.

TV Layar Datar

Rata rata ketahanan:Sepuluh tahun atau lebih

Cara perawatan: Jangan menyentuh layar. “Tekanan pada layar akan menyebabkan kerusakan pada pixel,” kata Robbie Baldwin, salesman TV layar datar di Best Buy di Baltimore. Komponen elektronik dapat rusak atau terbakar jika TV terlalu panas, usahakan ventilasi berfungsi sehingga dapat “mendinginkan unit,” kata Dan Wiersma, Senior Wakil Presiden dari Sony Electronics. Bersihkan debu dengan kain yang kering dan halus, jangan menggunakan penyemprot pembersih, karena dapat menyebabkan bercak pada layar.

Penyakit Umum: Layar memiliki tampilan gambar yang terbakar dan tidak mau hilang, gambar juga menjadi kabur.

Diagnosa dan Pengobatan:Layar plasma, terutama keluaran lama, sangat sensitive dan memiliki masalah yang mudah terbakar. Model terbaru tidak memiliki masalah yang mudah terbakar, tetapi sangat disarankan untuk mematikan TV setiap beberapa jam. Toko reparasi dapat memperbaiki dan menyetel ulang gambar yang kabur dengan harga berkisar antara USD 250 hingga USD 750 (atau berkisaran antara Rp. 2,2 juta hingga Rp. 6,5 juta), tergantung pada kerusakannya.

Kapan memutuskan untuk mengganti: Televisi layar datar yang lebih dari lima tahun, dan beberapa fungsinya telah rusak, sebaiknya diganti dengan yang baru. Model baru mungkin saja akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga reparasinya.


Ponsel (Telepon Genggam)

Rata-rata ketahanan:Empat tahun.

Cara perawatan:Apakah anda mengisi ulang ponsel anda lebih sering daripada anda menggosok gigi? Tenang. Baterai akan bekerja lebih efisien jika anda membiarkannya sampai habis setiap seminggu sekali atau lebih. “Hindari mengekspos ponsel anda di temperature dingin, atau langsung terkena sinar matahari, atau terlalu panas,” sehingga dapat merusak baterai, imbuh Muzib Khan, Wakil Presiden dari Pengembangan Produk dan Teknik dari Samsung.

Penyakit Umum:Ponsel anda mulai bertingkah ketika teman anda baru saja memberikan alamat rumah makan dimana anda akan bertemu.

Diagnosa dan Pengobatan:Baterai ponsel mulai lemah. Jika anda yakin, masalah bukan pada charger (alat pengisian), maka baterai tersebut harus diganti. Belilah beterai baru dari sumber yang terpercaya. Dalam banyak kasus, baterai dari agen yang tidak resmi, dapat “meledak” dan menyebabkan luka, kata Grant Clauser, director editorial untuk majalah E-Gear di Philadelphia.

Kapan memutuskan untuk mengganti: Ponsel bermasalah yang tidak mahal, dengan masalah selain baterai yang rusak, seharusnya diganti dengan yang baru. Untuk ponsel yang mahal, usahakan untuk diperbaiki. “Jika anda tidak sengaja menjatuhkan ponsel anda ke dalam air, pereteli ponsel tersebut, dan biarkan ponsel kering selama sehari atau dua hari, dan ada kemungkinan ponsel tersebut dapat berfungsi lagi,” kata Kasey Farrar dari Nokia. Tetapi jika biaya reparasinya setengah harga dari ponsel tersebut, segera gantilah dengan yang baru.


iPod

Rata-rata Ketahanan: Dua atau tiga tahun

Cara perawatan:Lindungi iPod anda dengan pelindung dari bahan karet. Baterai juga akan lebih awet jika anda membiarkan dan menggunakannya sampai habis, sebulan sekali sebelum anda melakukan pengisian ulang, kata Shannon Jean, pendiri dari TechRestore, pelayanan perbaikan di Concort, California. Hal ini akan memastikan baterai awet selama 12 hingga 18 bulan sebelum baterai harus diganti.

Penyakit Umum:Anda berusaha untuk memainkan musik di iPad anda dan sound track pribadi anda hilang.

Diagnosa dan Pengobatan:Jika iPod anda mati, usahakan untuk memasukkan ulang daftar lagu lagu anda. Usahakan agar perangkat anda selalu diperbaharui dengan perangkat lunak (software) terbaru dari laman perusahaan Apple . Jika iPod anda sama sekali tidak berfungsi, mungkin saja perangkat tersebut rusak. Memperbaikinya mungkin saja akan lebih mahal dibandingkan dengan membeli yang baru.

Kapan memutuskan untuk mengganti: iPod keluaran sebelum tahun 2002, yang tidak dapat berfungsi lagi, sudah tidak berharga untuk diperbaiki, kata Jean. Biaya untuk perbaikan dan upgrade ke model akhir akan lebih mahal. Untuk edisi iPod yang terbaru, masih layak diperbaiki jika biaya perbaikannya dibawah USD 100 (Berkisar Rp. 870.000)


Printer Komputer

Rata-rata Ketahanan:Lima tahun atau lebih

Cara perawatan:Kelembaban tinggi dapat menyebabkan kertas macet atau tinta yang tersumbat, jika anda memiliki masalah tersebut, anda perlu menggunakan printer tersebut pada ruangan ber-AC. Tutuplah printer anda dengan penutup tahan debu ketika sedang tidak digunakan, terutama jika printer tersebut terletak di dekat jendela terbuka. Lap debu yang menempel dengan kain lembut, kta Paul De Pasquale, teknisi Image 1, perusahaan perbaikan printer di Oak Park, Michigan.

Penyakit Umum: Hasil printer anda terlihat seperti tidak fokus (layaknya lukisan impressionis). Atau lebih buruk lagi, seperti tes Rorschach (test psikologi)

Diagnosa dan Pengobatan: Ketika hasil printer anda berbintik bintik, lepaskan tempat tintanya dan secara lembut gunakan kain halus untuk mengusap sisa sisa tinta. Jika masih tidak dapat berfungsi, gantilah tempat tintanya dengan yang baru. Jika anda memiliki printer ink-jet, bacalah manual instruksi untuk melihat apakah anda dapat membersihkan jarum printer dengna software yang telah disediakan.

Kapan memutuskan untuk mengganti: Jika printer masih tidak dapat berfungsi, dan anda telah memastikan bukan karena masalah pada pengguna (seperti printer yang tidak tersambung dengan komputer secara benar), printer anda mungkin memiliki permasalahan mekanik, seperti sensor tinta yang rusak. Dalam kasus ini, “lebih baik anda membeli printer baru daripada biaya perbaikannya,” kata Calvin Green, seorang teknisi komputer di Geek Squad, toko reparasi di Philadelphia.

Sumber : http://beritahpbaru.blogspot.com/201...lektronik.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar