Sabtu, 16 Juli 2011

Samsung Bakal Realisasikan Penggunaan Panel AMOLED Fleksibel Pada Tahun 2012


       Produsen elektronik Korea Selatan Samsung Electronics tampaknya tengah bersiap-siap untuk meningkatkan produksinya berdasarkan p0anel terbaru besutannya. Panel baru tersebut kabarnya mampu menawarkan resolusi WVGA serupa seperti panel 4.5 inci yang Samsung telah perkenalkan tahun lalu. Hebatnya lagi, panel ini dapat diperlakukan layaknya seperti kertas, dan terbuka untuk berbagai aplikasi baru.

Sebagai realisasinya, Samsung sedang mempersiapkan panel terbarunya tersebut terutama untuk smartphone, dan bahkan kabarnya Samsung sendiri bakal memproduksinya secara massal mulai tahun depan. Pabrikan asal negeri ginseng ini juga sedang merencanakan penerapan panel ini dalam berbagai produk yang lebih luas lagi, termasuk perangkat kecil seperti jam tangan, atau yang lebih besar seperti MID, dan bahkan tablet PC.
Fleksibilitas panel baru ini tentunya akan menjadi pilihan yang tepat dalam penerapan bagi berbagai perangkat tampilan yang ada. Layar baru ini terbuat dari substrat plastik Polimida yang menggantikan substrat kaca tradisional, sehingga dapat  digulung hingga gulungannya berdiameter 2cm.

Penggunaan teknologi AMOLED dengan panel ini memungkinkan konsumsi daya rendah dan menghilangkan kebutuhan backlight. Dan hebatnya lagi, layar baru ini dapat dilihat sebagai bahan yang tahan pecah sehingga menjadi salah satu terobosan tersendiri dalam hal ini.

Disamping itu, kabarnya Samsung juga sedang mengembangkan teknologi panel fleksibel lainnya, termasuk layar AMOLED yang dapat dilipat. Dan ini adalah prototipe tablet PC yang bisa dilipat ke dalam ponsel yang lebih kecil, sehingga menawarkan kegunaan yang lebih luas lagi kepada para penggunanya.
Berbeda dengan AMOLED fleksibel yang bakal direalisasikan secepatnya dalam waktu dekat ini, ternyata realisasi dari layar yang dapat dilipat belum diketahui sejauh ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar