Kamis, 28 Juli 2011

Peneliti dari Universitas Stanford Berhasil Ciptakan Batere Transparan


        Beberapa peneliti saat ini sedang mencoba untuk mengembangkan gadget yang transparan. Salah satu bentuk percobaan tersebut adalah LG GD900 yang memiliki keypad transparan. Namun hingga saat ini belum ada gadget yang benar-benar transparan.

Namun akhir-akhir ini terdapat terobosan baru dicapai oleh para peneliti di Universtas Stanford. Mereka mengklaim telah berhasil membuat baterei ion litium yang transparan dan fleksibel. Mereka mengatakan baterei transparan hasil temuannya bisa dipakai untuk ponsel, tablet atau e-reader.


Adalah Yi Cui dan Yuan Yang, seorang profesor ilmu bahan dan muridnya, adalah pasangan ilmuan yang berhasil menemukan baterei ini. Sebelumnya, mereka telah mempublikasikan hasil temuan ini pada pertemuan Akademi Nasional Sains pada 25 Juli lalu.

Namun sayang prototipe hasil temuan pasangan ilmuan ini masih memiliki kemampuan yang jauh jika dibandingkan dengan baterei ion litium biasa. Baterei ini hanya memiliki setengah kemampuannya saja. Sedangkan jika dibandingkan dengan baterei nikel-cadmium, baterei ini memiliki kemampuan yang sama.

“Dengan memasang banyak elektroda akan dapat meningkatkan kemampuannya untuk menyimpan energi dengan tetap transparan. Jadi sangat mungkin untuk meningkatkan kemampuan baterei ini di masa datang,” ucap Yui.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar