Jumat, 29 Juli 2011

Haswell Prosesor Intel Penerus Ivybridge dengan Grafis Mendukung Direct X 11.1 Terbaru


       Informasi perihal produk mendatang dari Intel terkuak di internet. Sweclocker, pihak yang membocorkan informasi ini mengatakan bahwa saat ini Intel sedang mengerjakan prosesor yang memiliki kode Haswell, yang menurut rencana akan dikeluarkan pada tahun 2013.

Prosesor ini tak hanya akan meningkatkan kualitas performance para pendahulunya. Intel juga menambahkan kualitas grafis pada prosesor ini. SweClockers menduga, prosesor ini akan dipakai untuk mendukung Direct X 11.1 API yang belum dirilis oleh Intel.

Entah dari mana SweClocker mendapatkan informasi tersebut, namun yang pasti mereka mempunyai slide yang berjudul “Processor GFX entry level workstation certification roadmap.”
Selain terdapat informasi mengenai rencana intel terkait  onboard-iVy bride dan GPU Haswell, dokumen ini juga menyebutkan generasi selanjutnya akan menggunakan Direct X 11.1. Haswell adalah kode rencana yang digunakan intel untuk menggantikan IvY bridge pada 2013.

Pembuatan Haswell akan menggunakan proses manufakturing Tri-Gate 22 nm, namun jarak chip akan semakin jauh jika dibandingkan dengan desain CPU tradisional. Dengan metode ini, maka akan menghasilkan tingkat konsumsi tenaga total yang lebih rendah yang nantinya akan menigkatkan daya tahan baterei.

Selain itu pengintegrasian core grafis dan core prosesing akan meningkatkan performance jika dibandingkan dengan desain CPU yang sekarang. Namun info detail mengenai arsitektur yang digunakan masih belum jelas. Namun yang jelas Chip server Haswell akan pertama kali dirilis pada Q1 2014.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar