1. E-bisnis adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan - dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas dan profit.
2.  Model-Model E-Business
- B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
 - B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
 
3.  Pengaruh-pengaruh E-Business atas proses  Bisnis
- Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis.
 - EDI:
 
        -   Meningkatkan tingkat akurasi
        -   Mengurangi biaya
4.  Faktor-faktor keberhasilan  E-Business
- Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
 - Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
 - Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :
 
       -   Validitas, Integritas, dan Privasi
5.  Infrastruktur pada peralatan untuk e-business
    Kemajuan teknologi komunikasi dan jaringan, 
terutama internet, menyediakan inrastruktur yang dibutuhkan untuk 
e-business. Bagian ini memberikan pengantar atas gambaran umum konsep 
jaringan dan mendiskusikan isu-isu strategis yang berkaitan dengan 
metode-metode alternatif yang dapat dipergunakan organisasi dalam 
mengimplementasikan e-business.
Jenis-jenis Jaringan
    Jaringan telekomunikasi dibanyak perusahaan dipergunakan untuk 
melakukan e-commers dan mengelola operasi internal yang terdiri dari 
beberapa komponen, yaitu :
1. Local Area Network (LAN)
2. Wide Area Network (WAN)
3. Value-added Network dan
4. Internet
Software Komunikasi
     Software komunikasi mengelola aliran data melalui 
suatu jaringan. Software komunikasi didesain untuk bekerja dengan 
berbagai jenis peraturan dan prosedur untuk pertukaran data.
Software ini melaksanakan fungsi-fungsi sebagai berikut :
- Pengendalian akses
 
        Software ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan 
antar-berbagai peralatan; secara otomatis memutar dan menjawab telepon; 
membatasi akses hanya pada para pemakai yang berwenang; serta membuat 
parameter seperti: kecepatan, mode, dan arah pengiriman.
     2.  Pengelolaan jaringan
         Pada software ini berfungsi untuk mengumpulkan data untuk memeriksa 
kesiapan peralatan jaringan untuk mengirim atau menerima data; membuat 
aturan antri untuk masukan dan keluaran; menetapkan prioritas dalam 
sistem,mengirimkan pesan; dan mencatat aktivita, penggunaan, dan 
kesalahan dalam jaringan.
    3.  Pengiriman data dan file
    Software ini berfungsi untuk mengontrol pengiriman data, file dan pesan-pesan diantara berbagai peralatan.
    4.  Pendeteksi dan pengendalian atas kesalahan
    Software ini berfungsi untuk memastikan bahwa data yang dikirim benar-benar merupakan data yang diterima.
    5.  Keamanan data
     Software ini berfungsi untuk melindungi data selama pengiriman dari akses pihak yang tidak berwenang.
PILIHAN KONFIGURASI JARINGAN
Konfigurasi LAN
Konfigurasi LAN mempunyai tiga ciri dasar, yaitu: konfigurasi bintang, konfigurasi cincin, dan konfigurasi.
- Konfigurasi Bintang
 
        Dalam konfigurasi bintang, setiap peralatan secara langsungb 
terhubung dengan server pusat. Seluruh komunikasi antara peralatan 
dikendalikan dan dikirim melalui serverv pusat. Biasanya, server akan 
mengumpulkan data setiap peralatan untuk melihat apakah 
peralatantersebut ingin mengirim pesan. Konfigurasi bintang adalah cara 
termahal untuk membangun LAN karena membutuhkan banyak sekali kabel 
untuk menghubungkannya. Akan tetapi, keunggulan utamanya adalah apabila 
salah satu titik sedang gagal (down), kinerja jaringan yang lain atau 
jaringan selebihnya tidak terganggu.
     2.  Konfigurasi Cincin
      Pada konfigurasi cincin, setiap titik secara langsung terhubung 
dengan dua titik lainnya. Ketika sebuah pesan melalui cincin tersebut, 
setiap titik akan memeriksa judul paket untuk menetapkan apakah data 
tersebut ditujukan bagi titik berkaitatau tidak. LAN yang 
dikonfigurasikan cincin mempergunakan software yang disebut dengan 
token. Token ini berfungsi sebagai untuk mengendalikan aliran data dan 
untuk mencegah tabrakan. Token secara terus-menerus beroperasi 
disepanjang cincin. Jadi, titik-titik lainnya harus menunggu hingga 
pesan yang dikirim sampai pada tujuannya dan token tersebut bebas 
kembali, sebelum mereka dapat mengirim data. Apabila hubungan dalam 
cincin rusak, jaringan tersebut dapat berfungsi, walaupun lebih pelan, 
dengan cara mengirimkan seluruh pesan ke arah yang berbeda.
      3.  Konfigurasi BUS
     Didalam konfigurasi BUS, setiap peralatan dihubungkan dengan saluran 
utama, atau yang disebut BUS. Pengendali komunikasi didesentralisasi 
melalui jaringan BUS. Konfigurasi BUS mudah untuk diperluas dan lebih 
murah untuk dibuat daripada konfigurasi bintang. Akan tatapi, kinerjanya
 akan menurun apabila jumlah titik yang dihubungkan meningkat.
6.   Study kelayakan e-business   
        Aspek yang terdapat pada studi kelayakan proyek atau bisnis yang  
terdiri dari berbagai aspek yang sudah disebutkan di atas antara lain :
1. Aspek hukum
           Berkaitan dengan keberadaan secara legal dimana proyek akan dibangun yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk :
a. Perijinan :
i) Izin lokasi :
• sertifikat (akte tanah),
• bukti pembayaran PBB yang terakhir,
• rekomendasi dari RT / RW / Kecamatan
ii) Izin usaha :
• Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan hukum lainnya.
• NPWP (nomor pokok wajib pajak)
• Surat tanda daftar perusahaan
• Surat izin tempat usaha dari pemda setempat
• Surat tanda rekanan dari pemda setempat
• SIUP setempat
• Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Penerangan
2. Aspek sosial ekonomi dan budaya
              Berkaitan dengan dampak yang diberikan kepada masyarakat karena adanya suatu proyek tersebut :
          a. Dari sisi budaya
          Mengkaji tentang dampak keberadaan peroyek terhadap kehidupan masyarakat setempat, kebiasaan adat setempat.
          b. Dari sudut ekonomi
            Apakah proyek dapat mengubah atau justru mengurangi income per capita
 panduduk setempat. Seperti seberapa besar tingkat pendapatan per kapita
  penduduk, pendapatan nasional atau upah rata-rata tenaga kerja 
setempat  atau UMR, dll.
         c. Dan dari segi sosial
         Apakah dengan keberadaan proyek wilayah menjadi semakin ramai,  
lalulintas semakin lancar, adanya jalur komunikasi, penerangan listrik  
dan lainnya, pendidikan masyarakat setempat.
Untuk mendapatkan itu semua dengan cara wawancara, kuesioner, dokumen, dll. Untuk melihat apakah suatu proyek layak atau tidak dilakukan dengan membandingkan keinginan investor atau pihak yang terkait dengan sumber data yang terkumpul.
3. Aspek pasar dan pemasaran
           Berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut :
• Potensi pasar
• Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.
Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk :
• Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup 
 tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan  
permintaan masa lalu, dll.
• Pemasaran, menyangkut tentang starategi yang digunakan untuk meraih
  sebagian pasar potensial atau pelung pasar atau seberapa besar 
pengaruh  strategi tersebut dalam meraih besarnya market share.
4. Aspek teknis dan teknologi
         Berkaitan dengan pemilihan lokasi peroyek, jenis mesin, atau peralatan lainnya yang sesuai dengan kapasitas produksi, lay out, dan pemilihan teknologi yang sesuai.
5. Aspek manajemen
          Berkaitan dengan manajemen pembangunan proyek dan operasionalnya.
6. Aspek keuangan
     Berkaitan dengan sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi  
pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang  
bersangkutan.
7. Langkah-Langkah Membuat Proposal E-Bisnis 
- Tulis ringkasan dua sampai tiga kalimat dari proposal Anda. Didalam Cara Membuat Proposal Bisnis Ini harus ringkas dan rinci. Dapatkan langsung ke titik dalam apa tujuan Anda. Mempresentasikan ide dengan jelas dan efektif.
 - Cara Membuat Proposal Bisnis bisa menggunakan gambar dan visual lainnya untuk membantu presentasi Anda. Grafik dapat meningkatkan ide Anda. Gambar akan menarik perhatian seseorang ketika mereka mampu membayangkan kesepakatan bisnis.
 - Cara Membuat Proposal Bisnis dengan menjawab setiap pertanyaan yang Anda pikir mungkin timbul. Rencana ke depan dan mempertimbangkan pertanyaan yang lain mungkin Anda miliki tentang proposal Anda. Jawaban mereka dalam dokumen.
 - Mengoreksi proposal Anda. Menghilangkan semua kesalahan dalam salinan akhir. Gunakan spell check, dan evaluasi atas usul apapun yang Anda mungkin telah terjawab.
 - Cetak proposal Anda, Cara Membuat Proposal Bisnis lebih baik mencetak pada kertas bond. Ini akan lebih mengesankan daripada menggunakan kertas biasa. Tujuan Anda adalah untuk mengesankan. Cara Membuat Proposal Bisnis Ini juga merupakan ide yang baik untuk menggunakan perusahaan percetakan lokal dan memiliki proposal bisnis terikat dengan dukungan yang solid. Ini tidak akan dikenakan biaya banyak uang tetapi akan memungkinkan Anda untuk meninggalkan kesan profesional.
 
- Langkah Langkah Menulis Proposal E-Bisnis
 
- Bicara dengan seseorang yang telah mencoba membuat atau menulis beberapa proposal bisnis. Tanyakan apa yang berhasil dan apa yang tidak.
 - Garis proposal terdiri dari dua bagian. Bagian pertama akan menjelaskan peluang bisnis dan Anda berencana untuk mengambil keuntungan dari itu. Yang kedua akan menyajikan data keuangan – pajak, neraca dan ringkasan dari rencana operasi Anda.
 - Penulisan cara menulis proposal bisnis, Batasi bagian pertama untuk 10 halaman. Buatlah ringkas dan jelas, ketika menjelaskan tentang peluang pasar, dan mengutip sumber-sumber.
 - Jelaskan apa yang membuat Anda dan perusahaan anda berbeda dari pesaing. Misalnya mungkin Anda memiliki keterampilan khusus dan pengalaman, anda mungkin memiliki teknologi baru termasuk di dalam cara menulis proposal bisnis, Bicarakan tentang prestasi Anda di industri.
 - Menggambarkan segmen pasar yang anda kejar. Diskusikan apa yang akan Anda lakukan untuk merebut pangsa pasar dari pesaing.
 - Identifikasi calon pelanggan. Jelaskan mengapa Anda menargetkan mereka.
 - Meringkas rencana pemasaran Anda, berikan rincian, tetapi singkat.
 - Diskusikan setiap masalah tentang peraturan perusahaan Anda.
 - Identifikasi tim manajemen. Siapa sajakah orang di perusahaan anda? Berikan sketsa biografi singkat.
 - Jelaskan harapan Anda mengenai pendapatan dan arus kas untuk tahun pertama. cara menulis proposal bisnis juga dengan mendiskusikan bagaimana banyaknya keuangan yang akan anda butuhkan untuk memulai, bagaimana akan digunakan, dan di mana Anda berencana untuk mendapatkannya.
 
Referensi : neezasty.files.wordpress.com/2012/10/modul-1-ebusiness.pdf
                 http://tiosijimbo.wordpress.com/2010/10/11/pengantar-e-business-model-pengaruh-faktor-dan-infrastruktur/
                 http://e-entrepreneurship.id-nesia.com/content/studi-kelayakan-bisnis  
Tidak ada komentar:
Posting Komentar