Rabu, 27 April 2011

Kenali Kerusakan komputer dari Gejalanya

         Bagaimana sih indikasi komputer rusak ... klo kata tukang komputer kenali kerusakannya dari bunyi tampilan dll berikut ciri - ciri kompter rusak:

1. Bunyi panjang sekali
    itu berasal dari Ram cara mengatasinya cabut pasaang ram dan bersihkan ram dengan penghapus karet

2. bunyi pendek2
    Cabut VGA card pasang lagi dan bersihkan dengan pengapus karet

3. layar monitor berwarna biru saaat booting

a. bisa jadi windows patchnya eror seperti termakan virus
b. klo sampe gak bisa di install ulang juga maka hardisk rusak
c. klo sampe gak bisa di install ulang juga maka Motherboard rusak
d. itu di sebut blue screen akibat windows c nya rusak cara menanganinya di repair / di instal ulang

4. komputer tiba2 mati

a. pastikan termal slot cpu tdk panas , bila panas beli pelembab procesor di Harco
b. aliaran dari kabel cpu terpasang dengan baik atau tdak
c. Klo mati total mending ceburin aja ke laut
d. cek kabel harddisk

www.portalartikel.com

Cara Melacak IP Address Account FB



Bagaimana cara melacak IP Address seseorang di Facebook?
        Identitas palsu (fake-ID) di facebook sering dipakai untuk terror, pornografi, bahkan berpolitik. Sangat meresahkan.
     Persoalannya,, bagaimana “melacak” keberadaan orang yang identitasnya mencurigakan? Saya ingin sampaikan solusinya.
Logika
      Saya ingin melacak”seseorang” yang menggunakan fake-id (identitas palsu) di facebook. Setiap account facebook terdapat pengaturan untuk notifikasi lewat email. Anda boleh mengatur agar ada pemberitahuan lewat email jika ada seseorang mengirimkan “message” (pesan) ke “inbox” (kotak masuk) facebook. Anda bisa aktifkan “header” email (misalnya di Yahoo) agar bisa menampilkan informasi IP Address “seseorang” tadi. Mengingat informasi IP Address itu masih dalam bentuk encode “Base64″ Anda tinggal mengubahnya agar menjadi format IP Address (angka). Setelah ketemu,, lihatlah waktu pengirimannya dan cari lokasi IP Address itu. Selanjutnya,, terserah Anda.

Tutorial
Singkatnya,, inilah tutorial yang bisa Anda jalankan:
1. Buka account email Anda (misalnya Yahoo!) dan aktifkan pengaturan untuk menayangkan header email,, jadi kalau ada email masuk akan ditampilkan rute pengiriman email secara lengkap. Silakan baca manual penggunaan email.
2. Aktifkan notifikasi di facebook agar facebook mengirimkan pemberitahuan melalui email.
3. Cari target yang Anda curigai,, orang yang Anda anggap menggunakan identitas palsu. Atau apa saja motifnya terserah Anda (sebab saya tidak berurusan dengan motif Anda).
4. Kirimkan pesan kepada target yang Anda curigai tadi,, lakukan rekayasa agar dia memberikan jawaban melalui message!
5. Setelah dia membalas pesan,, bukalah email Anda. Di situ ada pemberitahuan dari facebook.
subject:
“ sent you a message on Facebook…”, or “ commented on a photo of you on Facebook…”
X-Facebook: from xxxxyyzz ([OTcuODMuMjEuMjM=]) by www.facebook.com with HTTP (xxxxMail);
Teks OTcuODMuMjEuMjM= merupakan encode Base64 yang harus Anda convert menjadi plain text (teks biasa). Inilah IP Address dari target yang Anda curigai!
6. Convert teks “OTcuODMuMjEuMjM=” dengan converter Base64 (cari di Google!) atau gunakan service online (layanan online) yang bertebaran di internet. Catat IP Address yang menjadi target Anda!
7. Gunakan pelacak IP Address yang bisa menginformasikan lokasi geografis dari sebuah ip Address.
Selanjutnya,, terserah Anda.

Catatan
      Jangan *menghapus* pesan dari “seseorang” yang ingin Anda “balas”. Facebook merancang kotak pesan sebagai “percakapan”
(conversation). Itu merupakan arsip yang bisa diandalkan untuk meng-kasus seseorang. Jangan matikan notifikasi di account
      facebook Anda jika ingin mendapatkan bukti otentik. Kalau Anda sudah memiliki catatan notifikasi dan email dari facebook,, dengan mudah Anda bisa menghajar siapapun yang ingin menteror Anda. Walaupun Anda menyembunyikan email dari informasi profile, memakai bukan-nama-sebenarnya, ataupun informasi palsu,, ingatlah: logika tetaplah logika!!!
Banyak yang merasa aman melakukan teror dari warnet, tetapi, warnet justru paling tidak aman. Banyak “saksi” di sana, aktivitas Anda bisa dimonitor (sebab Anda di ruang publik). Banyak juga yang merasa aman memakai internet pribadi,, lewat ponsel,, dll. ingatlah bahwa account Anda terdaftar! Melacaknya hanya soal waktu.
Postscript
     Lengkapi facebook Anda dengan aplikasi chat logger (untuk mencatat hasil chatting) dan facebook archiver (untuk mengarsip seluruh content facebook Anda ke hardisk) dan jangan hapus pesan di kotak masuk maupun email dari facebook. Social networking kadang berubah menjadi social not-working,, tetapi jangan pernah mengganggu orang di facebook. Bagi orang-orang yang pernah melakukan teror terhadap kawan-kawan saya di facebook,, ingatlah: mengungkap kejahatan kalian hanyalah soal waktu.

sumber : http://takecy07.blogspot.com/2010/04...ccount-fb.html

Jumat, 22 April 2011

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak, Corupt, Virus, 0 byte, Format Gagal

Terbaca 0 byte

1. Download HP USB Disk Storage Format Tool disini
2. Ekstrak dan install program HP USB Disk Storage Format Tool tersebut.
3. Masukkan Flashdisk ke port USB komputer
4. Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool
5. Tentukan drive tempat Flashdisk yang terbaca 0 byte tersebut terpasang,
6. Pilih File System yang diinginkan, Flashdisk umumnya diformat dengan File system FAT32.
7. Klik Start untuk mulai memformat Flashdisk tersebut.
8. Apabila muncul jendela peringatan, klik saja Yes.

    Hidden Isi File Folder dihidden virus trojan win32.VB.pod

    Langkah-langkah dalam mengembalikan file yang dihidden virus trojan win32.VB.pod adalah :
# Klik kanan pada drive flashdisk anda, lalu pilih Properties
# Bandingkan kapasitas Free Space dan Used Space, jika Used Space lebih besar daripada Free Space tetapi file yang ada dalam flashdisk tidak sebanyak itu kemungkinan besar ada file anda yang di hidden, tetapi jika flashdisk anda kosong maka file anda hilang semua. Jika file anda masih ada atau di hidden oleh virus win32.VB.pod, maka lakukan langkah berikut ini :
# Masuk ke Command Prompt dengan cara Klik Start lalu pilih run kemudian dalam kotak run anda isi dengan “CMD” (tanpa tanda kutip)
# Setelah jendela Command Prompt keluar maka selanjutnya anda tinggal ketikkan drive flashdisk anda diikuti dengan tanda : (titik dua), misalnya drive flashdisk anda E maka anda ketikkan E: lalu tekan enter.
# Kini anda berada di dalam drive flashdisk anda, kemudian anda ketikkan “dir” (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter kemudian lihat hasilnya sudah muncul atau belum file yang anda cari? Jika belum maka ketikkan “dir/a” atau “dir /a” (keduanya tanpa tanda kutip) kemudian tekan enter kembali lihatlah apakah file atau  folder yang anda sekarang sudah terlihat?

        Jika sudah terlihat maka langkah selanjutnya adalah ketikkan:

“attrib –s –h –r /s /d” (tanpa tanda kutip) tunggu beberapa detik setelah muncul drive flashdisk pada jendela 
  Command Prompt anda misalnya E:> maka proses pengembalian file atau folder telah selesai.

# Masuk ke My Computer lalu buka flashdisk anda dengan cara klik ganda.

       Sebenarnya cara diatas dapat digunakan untuk mengembalikan file atau folder yang berada dalam harddisk atau media storage lainnya yang perlu dilakukan adalah mengganti drive nya saja.

      Keterangan:

attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt

-s = menghilangkan atribut System File

-h = menghilangkan atribut Hidden File

-r = menghilangkan atribut Read Only File

/s = sub directory

/d = directory

dir = melihat isi dari sebuah directory

dir /a = melihat isi dari sebuah directory beserta atribut file nya (juga berfungsi untuk menampilkan file hidden).

    Corupt

1. Masukan Flash Disk ke Komputer
2. Klik Kanan pada Drive Flash Disk (biasanya E atau F)
3. Pilih Format
4. Pilih tipe format yang diinginkan (saya sarankan pilih NTSF)
5. Pilih Quick Format
6. Start

     Rusak

1. Download HP Drive Boot Utility sebesar 45 Mb. Freeware. Software ini mendukung DOWNLOAD untuk Flash Disk yang bukan keluaran HP.
2. Install software tersebut
3. Tancapkan flashdisk yang bermasalah ke dalam komputer.
4. Jalankan software dan pilihlah drive tempat flash disk anda.
5. Pilih Creae New or Replace Existing Configuration

    Tiba Tiba Mati Gagal di Format
1. Software yang kita perlukan untuk keperluan ini adalah HP Drive Boot Utility (buatan HP namun jangan  khawatir ternyata bisa kita gunakan untuk merek yang lainya. Bahkan untuk memory kamera juga). Anda bisa download di Sini.
2. Setelah di download, jalankan dan pilih drive untuk falsh disk yang akan diperbaiki.
3. Pilih tipe format disk yang mau di gunakan (FAT, FAT32 atau NTFS)
4. Pilih Quick Format.
5. Kemudian pilih start untuk memulainya.

        Bagaimana mengatasi USB Flashdisk di Disable atau Write Protected Corupt Tidak Bisa Gagal di format Error terbaca 0 Byte Penuh Kosong Windows 7 Win XP Vista Mangaktifkan Menyalakan dan Mematikan Mencabut

Kamis, 21 April 2011

Cara Mengoptimalkan Processor

Nah….sekarang saya akan berbagi sedikit yang saya ketahui tentang cara mengoptimalkan kinerja processor tersebut. langkahnya sebagai berikut.

1. tekan tombol “start” trus pilih “run”

2. ketik “msconfig” lalu “enter”

3. akan tampil jendela “system configuration utility

4. lalu pilih tab “BOOT.INI”

5. trus pilih “advanced options”

6. nah akan kluar jendela kecil, lalu beri centang “/NUMPROC”

7. trus samping kanannya pilih option 2 (kalau dual core,core 2 duo) dan 4(kalau core 2 quad) serta 7(kalau core i seven)

8. lalu tombol “ok” truss “apply”

9. pada saat close akan ada pilihan “restart” atau “without restart”, nah kamu pilih “restart” saja

10. saat sudah di restart akan muncul jendela peringatan kalau kamu sudah melakukan settingan trus kamu centang aja yg tulisannya kurang lebih “jangan ingatkan lagi” lalu close.

Nah kamu rasakan deh perbedaannya. 
nb: penjelasan yang di atas untuk windows XP, windows vista dan seven kurang lebih seperti begitu juga cuma berbeda sedikit

Harga Motherboard diprediksi naik bulan Mei mendatang

Harga Motherboard diprediksi naik bulan Mei mendatang



     Rangkaian bencana yang melanda Jepang beberapa waktu yang lalu telah membuat shock industri komputer secara keseluruhan. Hal tersebut juga akan memberikan kontribusi pada kenaikan harga motherboard pada kuartal kedua tahun ini. Menurut beberapa produsen motherboard, kenaikan harga tersebut terjadi karena gempa bumi telah merusak fasilitas produksi beberapa pembuat high-profile komponen pada sektor hulu yang menyediakan banyak bagian dalam penggunaan manufaktur motherboard. Seperti dilansir DigiTimes, krisis nuklir yang melanda Fukushima Jepang juga akan mempengaruhi produksi komponen, sehingga rantai sektor hulu diperkirakan menderita kekurangan serius.

     Rentetan krisis tersebut akan menyebabkan kenaikan harga komponen di sektor hilir industri TI. Akibat kenaikan harga komponen tersebut akan mempengaruhi harga dalam saluran ritel. Menurut sumber yang dikutip DigiTimes, beberapa pembuat motherboard telah menyaksikan fluktuasi dan kenaikan harga bahan baku dan komponen akan dimulai April ini ketika bagian saham diperkirakan menurun. Akibatnya, harga motherboard akan meningkat antara 3–8. Kenaikan juga akan berlangsung hingga Mei.

     Bila kenaikan harga pada motherboard terjadi, maka hal ini merupakan kedua kalinya terjadi pada tahun 2011. Kenaikan harga pertama disebabkan kekurangan tenaga kerja di Cina yang menyebabkan meningkatnya biaya bahan baku. Sehingga memaksa produsen seperti Asus dan Gigabyte untuk meningkatkan harga produk mereka sekitar 5-10%. Untungnya, pada saat itu permintaan PC global tidak terpengaruh kenaikan harga komponen komputer. (jimmyfernanda/BeritaNet.com

Dinamika Organiasi

Manusia melakukan kegiatan dan bereaksi terhadap kegiatan orang lain dalam organisasi baik pimpinan atau sesama anggota, menimbulkan bermacam-macam dinamika perilaku dalam berorganisasi. Dalam dinamika organisasi ini akan dibahas beberapa hal penting antara lain :
A. Dinamika Konflik
Konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antagonistik antara dua atau lebih pihak. Timbulnya konflik atau pertentangan dalam organisasi, merupakan suatu kelanjutan dari adanya komunikasi dan informasi yang tidak menemui sasarannya. Konflik dilatar belakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang di bawa individu dalam suatu interaksi.
B. Jenis-Jenis Konflik
Adapun mengenai jenis-jenis konflik, dikelompokkan sebagai berikut :
  • Person rile conflict : konflik peranan yang terjadi didalam diri seseorang.
  •  Inter rule conflict : konflik antar peranan, yaitu persoalan timbul karena satu orang menjabat satu atau lebih fungsi yang saling bertentangan.
  • Intersender conflict : konflik yang timbuk karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang.
  • Intrasender conflict : konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan.
Selain pembagian jenis konflik di atas masih ada pembagian jenis konflik yang dibedakan menurut pihak-pihak yang saling bertentangan, yaitu :
¯ Konflik dalam diri individu
¯ Konflik antar individu
¯ Konflik antar individu dan kelompok
¯ Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama
¯ Konflik antar organisasi
Individu-individu dalam organisasi mempunyai banyak tekanan pengoperasian organisasional yang menyebabkan konflik. Secara lebih konseptual litteral mengemukakan empat penyebab konflik organisasional, yaitu :
  •  Suatu situasi dimana tujuan-tujuan tidak sesuai
  • Keberadaan peralatan-peralatan yang tidak cocok atau alokasi-alokasi sumber daya yang tidak sesuai
  • Suatu masalah yang tidak tepatan status
  •  Perbedaan presepsi
Didalam organisasi terdapat empat bidang structural, dan dibidang itulah konflik sering terjadi, yaitu :

  • Konflik hirarkis adalah konflik antar berbagai tingkatan organisasi
  •  Konflik fungsionala adalah konflik antar berbagai departemen fungsional organisasi 
  • Konflik lini-staf adalah konflik antara lini dan staf
  • Konflik formal informal adalah konflik antara organisasi formal dan organisasi informal.

Secara tradisional pendekatan terhadap konflik organisasional adalah sangat sederhana dan optimistik. Pendekatan tersebut didasarkan atas tiga anggapan, yaitu :

  •  Konflik dapat di hindarkan
  •  Konflik diakibatkan oleh para pembuat masalah, pengacau dan primadona
  •  Bentuk-bentuk wewenang legalistic
  •  Korban diterima sebagai hal yang tak dapat dielakkan

Apabila keadaan tidak saling mengerti serta situasi penilaian terhadap perbedaan antar anggota organisasi itu makin parah sehingga konsesus sulit dicapai, sehingga konflik tak terelakkan. Dalam hal ini pimpinan dapat melakukan berbagai tindakan tetapi harus melihat situasi dan kondisinya, yaitu :
  • Menggunakan kekuasaan
  • Konfrontasi
  • Kompromi
  • Menghaluskan situasi
  • Mengundurkan diri
Bila dilihat sekilas sepertinya konflik itu sangat sulit untuk dihindari dan diselesaikan, tetapi dalam hal ini jangan beranggapan bahwa dengan adanya konflik berarti organisasi tersebut telah gagal. Karena bagaimanapun sulitnya suatu konflik pasti dapat diselesaikan oleh para anggota dengan melihat persoalan serta mendudukannya pada proporsi yang wajar.
C. Sumber-Sumber Konflik
a. Kebutuhan untuk membagi (sumber daya-sumber daya) yang terbatas
b. Perbedaan-perbedaan dalam berbagai tujuan
c. Saling ketergantungan dalam kegiata-kegiatan kerja
d. Perbedaan nilai-nilai atau presepsi
e. Kemandirian organisasional
f. Gaya-gaya individual
D. Strategi Penyelesaian Konflik
Mengendalikan konflik berarti menjaga tingakat konflik yang kondusif bagi perkembangan organisasi sehingga dapat berfungsi untuk menjamin efektivitas dan dinamika organisasi yang optimal. Namun bila konflik telah terlalu besar dan disfungsional, maka konflik perlu diturunkan intensitasnya, antara lain dengan cara :
1. Mempertegas atau menciptakan tujuan bersama. Perlunya dikembangkan tujuan kolektif di antara dua atau lebih unit kerja yang dirasakan bersama dan tidak bisa dicapai suatu unit kerja saja.
2. Meminimalkan kondisi ketidak-tergantungan. Menghindari terjadinya eksklusivisme diatara unit-unit kerja melalui kerjasama yang sinergis serta membentuk koordinator dari dua atau lebih unit kerja.
3. Memperbesar sumber-sumber organisasi seperti : menambah fasilitas kerja, tenaga serta anggaran sehingga mencukupi kebutuhan semua unit kerja.
4. Membentuk forum bersama untuk mendiskusikan dan menyelesaikan masalah bersama. Pihak-pihak yang berselisih membahas sebab-sebab konflik dan memecahkan permasalahannya atas dasar kepentingan yang sama.
5. Membentuk sistem banding, dimana konflik diselesaikan melalui saluran banding yang akan mendengarkan dan membuat keputusan.
6. Pelembagaan kewenangan formal, sehingga wewenang yang dimiliki oleh atasan atas pihak-pihak yang berkonflik dapat mengambil keputusan untuk menyelesaikan perselisihan.
7. Meningkatkan intensitas interaksi antar unit-unit kerja, dengan demikian diharapkan makin sering pihak-pihak berkomunikasi dan berinteraksi, makin besar pula kemungkinan untuk memahami kepentingan satu sama lain sehingga dapat mempermudah kerjasama.
8. Me-redesign kriteria evaluasi dengan cara mengembangkan ukuran-ukuran prestasi yang dianggap adil dan acceptable dalam menilai kemampuan, promosi dan balas jasa.
E. Motivasi
Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan. Motivasi bukanlah sesuatu yang dapat diamati, tetapi merupakan hal yang dapat disimpulkan adanya karena sesuatu perilaku yang tampak.
Motivasi merupakan masalah yang kompleks dalam organisasi karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi adalah berbeda-beda. Dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.
Motivasi dapat ditimbulkan baik oleh faktor internal maupun eksternal tergantung darimana suatu kegiatan dimulai.
Kebutuhan dan keinginan yang ada dalam diri seseorang akan menimbulkan motivasi internal. Begitu juga dalam suatu organisasi, setiap individu akan mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berbeda dan unik. Penggolongan motivasi internal yang dapat diterima secara umum belum mendapat kesepakatan para ahli, namun demikian para psikolog menyetujui bahwa motivasi internal dapat dikelompokan menjadi 2 kelompok, yaitu :
a. motivasi fisiologis, yang merupakan motivasi alamiah (biologis) seperti lapar, haus, seks.
b. motivasi psikhologis yang dapat dikelompokan dalam 3 kategori dasar, yaitu :
- motivasi kasih sayang (affectional motivation) yaitu motivasi untuk menciptakan dan memelihara kehangatan keharmonisan, dll.
- motivasi mempertahankan diri (ego-defensive motivation) yaitu motivasi untuk melindungi kepribadian dan mendapatkan kebanggaan diri.
- motivasi memperkuat diri (ego-bolstering motivation) yaitu motivasi untuk mengembangkan kepribadian, berprestasi dll.
Teori motivasi eksternal menjelaskan kekuatan-kekeuatan yang ada di dalam individu yang di pengaruhi faktor-faktor intern. Untuk itu,teori motivasi eksternal tidak mengabaikan teori motivasi internal, tetapi justru mengembangkannnya. Teori motivasi eksternal ada yang positif dan ada pula yang negatif. Dalam hal ini ada beberapa teori yang menjelaskan teori motivasi eksternal, yaitu :
a. Teori X dan Teori Y Mc Gregor
o>  Anggapan-anggapan yang mendasari teori X :
· Rata-rata para pekerja itu malas, tidak suka bekerja dan akan menghindarinya bila dapat.
· Karena pada dasarnya pekerja tidak suka bekerja, maka harus dipaksa, dikendalikan, dipelakukan dengan hukuman, dan diarahkan untuk pencapaian tujuan organisasi.
· Rata-rata para pekerja lebih senang dibimbing, berusaha menghindari tanggung-jawab, mempunyai ambisi yang kecil, keamanan drinya di atas segala-galanya.
o>  Anggapan-anggapan yang mendasari teori Y :
· Usaha phisik dan mental yang dilakukan manusia dalam bekerja adalah kodrat manusia, sama halnya dengan bermain atau beristirahat.
· Rata-rata manusia bersedia belajar, dalam kondisi yang layak, tidak hanya menerima tetapi mencari tanggung-jawab.
· Ada kemampuan yang besar dalam kecerdikan, kreativitas dan daya imajinasi untuk memecahkan masalah-masalah organisasi yang secara luas tersebar pada seluruh karyawan.
· Pengendalian ekstern dan hukuman bukan satu-satunya cara untuk mengarahkan usaha pencapaian tujuan organiasasi.
· Keterikatan pada tujuan organisasi adalah fungsi penghargaan yang diterima karena prestasinya dalam pencapaian tujuan itu.
· Organisasi seharusnya memberikan kemungkinan orang untuk mewujudkan potensinya, dan tidak hanya digunakan sebagian.
b. Teori Hirarki Kebutuhan Maslow
Menurut Maslow ada 5 kebutuhan dasar manusia yang membentuk hirarki kebutuhan, yaitu :
a. Kebutuhan Fisiologis
b. Kebutuhan Keamanan
c. Kebutuhan Sosial
d. Kebutuhan Penghargaan
e. Kebutuhan Aktualisasi Diri
c. Teori Motivasi Berprestasi Mc Clelland
Menurut Mc Clelland, seseorang dianggap mempunyai motivasi prestasi yang tinggi, apabila dia mempunyai keinginan untuk berprestasi lebih baik dari pada yang lain dalam banyak situasi.
Mc Clelland memusatkan perhatiannya pada tiga kebutuhan manusia yaitu :
1. Kebutuhan Prestasi
2. Kebutuhan Afiliasi
3. Kebutuhan Kekuasaan
d. Teori Motivasi Dua faktor Herzberg
Menurut Herzberg ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang dalam organisasi, yaitu :
· pemuas kerja (job satisfier) yang berkaitan dengan isi pekerjaan.
· penyebab ketidakpuasan kerja (job dissafisfiers) yang bersangkutan dengan suasana pekerjaan Satisfiers disebar motivators. (dissatifiers disebut faktor-faktor yang higienis).

Komunikasi dan Organisasi


1.) Penegrtian Komunikasi
Sebelum membahas pengertian komunikasi organisasi sebaiknya kita uraikan terminologi yang melekat pada konteks komunikasi organisasi, yaitu komunikasi dan organisasi.  Komunikasi berasal dari bahasa latin “communis” atau ‘common” dalam Bahasa Inggris yang berarti sama. Berkomunikasi berarti kita berusaha untuk mencapai kesamaan makna, “commonness”.  Atau dengan ungkapan yang lain, melalui komunikasi kita mencoba berbagi informasi, gagasan atau sikap kita dengan partisipan lainnya.  Kendala utama dalam berkomunikasi adalah seringkali kita mempunyai makna yang berbeda terhadap lambang yang sama.

Manusia di dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesama dalam kelompok dan masyarakat. Di dalam kelompok/organisasi itu selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup kelompok, yang terdiri dari pemimpin dan bawahan/karyawan. Di antara kedua belah pihak harus ada two-way-communications atau komunikasi dua arah atau komunikasi timbal balik, untuk itu diperlukan adanya kerja sama yang diharapkan untuk mencapai cita-cita, baik cita-cita pribadi, maupun kelompok, untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Kerja sama tersebut terdiri dari berbagai maksud yang meliputi hubungan sosial/kebudayaan. Hubungan yang terjadi merupakan suatu proses adanya suatu keinginan masing-masing individu, untuk memperoleh suatu hasil yang nyata dan dapat memberikan manfaat untuk kehidupan yang berkelanjutan. 

        Bila sasaran komunikasi dapat diterapkan dalam suatu organisasi baik organisasi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, maupun organisasi perusahaan, maka sasaran yang dituju pun akan beraneka ragam, tapi tujuan utamanya tentulah untuk mempersatukan individu-individu yang tergabung dalam organisasi tersebut. Berdasarkan sifat komunikasi dan jumlah komunikasi menurut Onong Uchyana Effendi, dalam bukunya “Dimensi-Dimensi Komunikasi” hal. 50, komunikasi dapat digolongkan ke dalam tiga kategori: 
1. Komunikasi antar pribadi
Komunikasi ini penerapannya antara pribadi/individu dalam usaha menyampaikan informasi yang dimaksudkan untuk mencapai kesamaan pengertian, sehingga dengan demikian dapat tercapai keinginan bersama.
2. Komunikasi kelompok
Pada prinsipnya dalam melakukan suatu komunikasi yang ditekankan adalah faktor kelompok, sehingga komunikasi menjadi lebih luas. Dalam usaha menyampaikan informasi, komunikasi dalam kelompok tidak seperti komunikasi antar pribadi.
3. Komunikasi massa
Komunikasi massa dilakukan dengan melalui alat, yaitu media massa yang meliputi cetak dan elektronik.
 
Pegertian Komunikasi Secara Umum
Komunikasi adalah, proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti. Dalam penyampaian atau penerimaan informasi ada dua pihak yang terlibat
         2.) Bagaimana Menyalurkan Ide Melalui Konunikasi
      Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari. Maka untuk membina hubungan kerja antar pegawai maupun antar atasan bawahan perlulah membicarakan komunikasi secara lebih terperinci.
Dalam menyalurkan solusi dan ide melalui komunikasi harus ada si pengirim berita (sender) maupun si penerima berita (receiver). Solusi-solusi yang diberikan pun tidak diambil seenaknya saja, tetapi ada penyaringan dan seleksi, manakah solusi yang terbaik yang akan diambil, dan yang akan dilaksanakan oleh organisasi tersebut agar mencapai tujuan, serta visi, misi suatu organisasi.
I. IDE (gagasan)
2. PERUMUSAN
3. PENYALURAN (transmitting)
4. TINDAKAN
5. PENGERTIAN
6. PENERIMAAN

         3.)  Hambatan - Hambatan Dalam Organisasi
         Suatu ketika keluarga kecil yang memiliki anak berumur lebih kurang tiga tahun pulang kampung mengunjungi orang tuanya. Betapa senang hati si nenek karena mendapat kunjungan dari anak dan cucunya. Mereka bermain dan bercengkrama bersama hingga sore hari. Merekapun bermaksud untuk kembali pulang kerumah. Karena si nenek masih rindu dan ingin bermain dengan cucunya, maka si nenek meminta agar si cucu tinggal dan tidur bersamanya. Akhirnya karena si nenek mendesak dan si cucupun mau, maka  jadilah si cucu menginap di rumah nenek dan kedua orang tuanya pun pulang Tengah malam, si cucu terbangun dari tidurnya ingin buang air kecil. Lalu dia membangunkan neneknya. “Nek bangun nek, aku mau nyanyi”. ( rupanya si cucu sudah terbiasa dengan orang tuanya klo mau buang air bilang mau nyanyi). Si nenekpun bangun dan berkata: “Cu, ini kan udah malam, besok aja nyanyinya ya”. Lalu merekapun tidur lagi.
       Tidak berapa lama, si cucupun terbangun karena sudah gak tahan mau buang air kecil. “nek bangun nek, aku mau nyanyi”, si cucu terus merengek kepada neneknya. Karena gak tahan dengan rengekan cucunya maka si nenek berkata: “baiklah, kamu nyanyinya di teliga nenek saja ya”. Kontan si cucupun mengencingi telinga neneknya. Dan nenekpun terpaksa menahan marahnya. Rupanya orang tua si cucu lupa memberitahukan kepada si nenek kalau si cucu mau buang air dia akan bilang mau nyanyi.
Demikianlah sebuah anekdot yang berhubungan dengan hambatan dalam beromunikasi. Banyak hal yang bisa menghambat untuk terjadinya komunikasi yang efektif. Menurut Leonard R.S. dan George Strauss dalam Stoner james, A.F dan Charles Wankel sebagaimana yang dikutip oleh Herujito (2001), ada beberapa hambatan terhadap komunikasi yang efektif, yaitu :

1.  Mendengar. Biasanya kita mendengar apa yang ingin kita dengar. Banyak hal atau informasi yang ada di sekeliling kita, namun tidak semua yang kita dengar dan tanggapi. Informasi yang menarik bagi kita, itulah yang ingin kita dengar.
2.   Mengabaikan informasi yang bertentangan dengan apa yang kita ketahui.
3.  Menilai sumber. Kita cenderung menilai siapa yang memberikan informasi. Jika ada anak kecil yang memberikan informasi tentang suatu hal, kita cenderung mengabaikannya.
4. Persepsi yang berbeda. Komunikasi tidak akan berjalan efektif, jika persepsi si pengirim pesan tidak sama dengan si penerima pesan. Perbedaan ini bahkan bisa menimbulkan pertengkaran, diantara pengirim dan penerima pesan.
5. Kata yang berarti lain bagi orang yang berbeda. Kita sering mendengar kata yang artinya tidak sesuai dengan pemahaman kita. Seseorang menyebut akan datang sebentar lagi, mempunyai arti yang berbeda bagi orang yang menanggapinya. Sebentar lagi bisa berarti satu menit, lima menit, setengah jam atau satu jam kemudian.
6. Sinyal nonverbal yang tidak konsisten. Gerak-gerik kita ketika berkomunikasi – tidak melihat kepada lawan bicara, tetap dengan aktivitas kita pada saat ada yang berkomunikasi dengan kita-, mampengaruhi porses komunikasi yang berlangsung.
7. Pengaruh emosi. Pada keadaan marah, seseorang akan kesulitan untuk menerima informasi. apapun berita atau informasi yang diberikan, tidak akan diterima dan ditanggapinya.
8. Gangguan. Gangguan ini bisa berupa suara yang bising pada saat kita berkomunikasi, jarak yang jauh, dan lain sebagainya.
       Itulah beberapa hal yang dapat menghambat terjadinya komunikasi yang efektif. dari anekdot tadi dapat kita lihat bahwa kata “nyanyi” di artikan berbeda antara si nenek dengan si cucu.  Nenek mengartikan kata nyanyi dengan arti sebenarnya, sedangkan si cucu, -karena telah biasa menggunakan kata nyanyi untuk buang air kecil-, mengartikan “nyanyi” sebagai buang air kecil.